Hidayat Putra Suka menulis sejarah dan beberapa artikel yang membahas seputar keragaman budaya.

Titik Nol Bukan Hanya Saja Di Sabang

2 min read

Di beberapa wilayah Indonesia, ada titik nol kilometer yang biasanya digunakan sebagai standar untuk mengukur jarak antara kota dan negara secara keseluruhan.

Sebagian orang percaya bahwa Pulau Sabang, Aceh, adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki titik nol. Kenyataannya, ada banyak “titik nol kilometer” di seluruh Indonesia. Semua kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar termasuk dalam kategori ini. Akhir-akhir ini, “titik nol kilometer” telah menjadi lokasi wisata favorit bagi pelancong lokal dan luar negeri di beberapa tempat.

Tidak kurang dari 23 wilayah di Indonesia memiliki titik nol kilometer. Titik nol kilometer adalah penanda geografis yang ada di suatu daerah. Kilometer nol atau km 0 adalah istilah lain untuk titik nol kilometer.

Pada umumnya, di sekitar titik nol kilometer terdapat tugu atau monumen. Beberapa prasasti titik nol juga mengandung informasi sejarah. Titik nol kilometer dapat digunakan sebagai referensi untuk kemajuan pembangunan di suatu daerah.

Menurut situs web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, empat lokasi nol kilometer ini sekarang menjadi destinasi wisata.

Tempat Nol Kilometer di Nusantara

Titik nol kilometer yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah yang paling baru. Monumen setinggi 50 cm diresmikan pemerintah sebagai penanda titik nol kilometer pada 2022. Nol ini ditemukan di Kecamatan Samboja dan Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tugu nol kilometer di Nusantara, yang menjadi patokan infrastruktur untuk pembangunan Ibu Kota baru Indonesia, mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan pembangunan IKN. Di Bukit Bengkirai, Kutai Kartanegara, orang-orang dapat menikmati udara segar dan adrenalin.

Tidak ada gunanya berkunjung ke IKN tanpa melihat langsung budaya khas Dayak yang masih hidup. Menyambangi Desa Wisata Pampang di Samarinda adalah cara untuk merasakan pengalaman tersebut. Sangat dekat dengan Bandara APT Pranoto. Rumah Adat Betang adalah tempat tinggal Suku Dayak Apokayan.

Tempat Nol Kilometer di Sabang

Sabang, atau titik nol kilometer, sering disebut sebagai ujung terjauh barat Indonesia. Dia berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, yang terletak di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Di atas tebing terdapat tugu titik nol yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Tidak mungkin menikmati keindahan bawah laut Sabang tanpa mengunjungi titik nol Sabang. Beberapa lokasi selam di Sabang memungkinkan Anda melihat terumbu karang yang sangat indah. Di Sabang ada sekitar 20 titik selam, termasuk West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, dan Sophie Rickmers. Sabang memiliki taman laut yang indah, jadi tidak mengherankan bahwa kota ini sering mengadakan festival olahraga air, seperti Sabang Freediving dan Sabang Marine Festival.

Tempat Nol Kilometer di Merauke

Berada di titik nol kilometer Merauke, yang berdekatan dengan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, terasa seperti Anda berada di ujung paling timur Indonesia. Monumen besar bertuliskan “0 Km Merauke-Sabang” terletak di titik nol kilometer.

Salah satu tempat yang tidak boleh dilupakan saat liburan ke Merauke adalah Monumen Kapsul Waktu, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 16 November 2018. Monument tersebut terletak di Alun-alun, Klp Lima, Merauke. Monument ini menggambarkan harapan anak-anak Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Impian ini dibuat pada tahun 2015, dan akan menjadi kenyataan pada tahun 2085.

Luas monumen 2,5 hektare ini mengangkat elemen budaya Papua. Kapsul Waktu diletakkan di atas struktur yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

Tugu kapsul waktu dijaga oleh lima suku asli Merauke: Suku Muyu, Suku Malind, Suku Mandobo, Suku Auyu, dan Suku Mappi. Tugu ini dilengkapi dengan 105 anak tangga yang landai menuju puncak.

Namun, di bagian dalamnya terdapat relief yang menceritakan tentang perjalanan bangsa Indonesia, kebudayaan Papua, dan Pancasila. Monumen itu panjang 45 meter, tinggi 8 meter, dan lebar 17 meter. Angka-angkanya sengaja dipilih karena memiliki arti khusus bagi Indonesia.

Taman Nasional Wasur, yang terletak di Kecamatan Sota, Merauke, adalah tempat terbaik untuk melihat kanguru langsung di Merauke. Sangat menarik bahwa empat suku asli—Kanume, Yeinan, Marori Menge, dan Marind—tinggal di Taman Nasional ini.

Lokasi Nol Kilometer di Yogyakarta

Tugu Nol Kilometer di Yogyakarta terletak di tengah kota, dan merupakan salah satu tugu titik nol yang paling terkenal di Yogyakarta. Banyak bangunan bersejarah di sekitar lokasi, jadi sangat bagus untuk dikunjungi selama liburan. mulai dari Kantor Pos Indonesia, Gedung Agung, Monumen Serangan 1 Maret, Benteng Vredeburg, dan Jalan Malioboro.

Masyarakat dapat dengan mudah menemukan cendera mata khas Yogyakarta di kawasan Malioboro yang dekat. Untuk oleh-oleh, ada banyak pilihan barang tradisional. Mulai dari batik, gelang, blangkon, perak, cincin, bakpia, dan jamu tradisional.

Hidayat Putra Suka menulis sejarah dan beberapa artikel yang membahas seputar keragaman budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *